Pantau Aktifitas Internet Untuk Menghemat Kuota Anda


Kuota adalah hal penting untuk menggunakan internet. Karena tanpa kuota, kemungkinan kita tidak dapat mengaksesnya. Terkadang beberapa orang yang sudah membeli kuota pada Sim Card mereka masing masing mengalami keluhan, yakni kuota cepat habis.

Yah itulah permasalah utama kita dalam menggunakan internet. Padahal, baru tadi pagi saya membeli kuota 1GB di salah satu operator, namun mengapa kuota tinggal 200MB lagi ? Padahal saya hanya membuka Facebook dan browsing keberbagai web juga streaming Youtube satu kali.

Jangan pernah salahkan Operator, namun salahkan diri sendiri. Karena kita harus jeli dalam pemakaiannya. Nah, saya kasih beberapa tips yang dapat menghemat kuota internet dengan memantau aktifitas software / system yang berjalan :

1. Perhatikan Situs Yang Anda Tuju
Perhatikan situs yang anda tuju, apakah situs itu berat dan butuh banyak data agar terbuka sempurna ?Anda bisa mengetes sendiri, contoh anda buka suatu situs, ternyata 2 detik langsung terbuka. Brarti situs tersebut tidak perlu menggunakan banyak kuota. Pada saat yang sama anda buka situs lain, jika lebih lama dari situs sebelumnya, kemungkinan besar situs itu perlu banyak data dan kuota agar terbuka sempurna.

2. Matikan Windows Update
Ya, mematikan windows update itu penting. Bagi anda yang tidak terlalu penting dalam update atau menikmati fitur baru Windows atau bisa di bilang awam dalam penggunaan komputer, sebaiknya anda mematikan Windows Updatenya. Karena Windows Update akan berjalan sendiri ketika kita menghidupkan internet.

3. Pantau Aktifitas Internet
Ada fitur windows yang dapat kita gunakan agar memantau software, system apa yang berjalan dan menggunakan koneksi internet. Contohnya Antivirus AVG untuk update dia perlu koneksi internet. Nah dalam fitur inilah kita dapat pantau. Caranya :
  • Klik kanan dibagian bawah bar desktop, lalu pilih Start Task Manager
  • Pilih tab Performance
  • Dibagian bawah ada tombol Resource Monitor ...
  • Akan muncul window baru, pilih tab Network
Disitulah terdapat software dan bagian system yang berjalan menggunakan internet. Jika tidak penting anda klik kanan saja dan End Process.


2 Responses to "Pantau Aktifitas Internet Untuk Menghemat Kuota Anda"

  1. Blog dengan ada iklan pop upnya makan kuota internet banyak gak yah gan? soalnya banyak banget pop up yang terbuka nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew .. iyakah ? ... padahal gw dah hapus scriptnya ... zzz ... ntar ane coba liat template dulu ...

      klo pop up dri iklan2 mah gk seberapa ... paling 500kb

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan sopan. Terimakasih atas perhatiannya.