Kegunaan USB OTG Dalam Android

USB OTG ini adalah singkatan dari USB On-The-Go, dimana memungkinkan suatu perangkat agar perangkat USB lain bisa masuk atau terpasang pada perangkat tersebut. Kalo dikomputer biasa disebut dengan nama Port USB. Smartphone android yang mempunyai fitur ini, akan sangat berguna sekali. Bagaimana tidak berguna coba ? Kita bisa melakukan pekerjaan selayaknya komputer. Untuk lebih mengetahuinya, silahkan disimak dibawah.

Sebenarnya apa sih manfaat USB OTG ini ? Seperti yang dijelaskan diatas, kita bisa melakukan pekerjaan layaknya sebuah komputer. Selain itu banyak manfaat lainnya,  seperti :
  1. Anda bisa menggunakan mouse dan keyboard dismarphone anda
  2. Untuk gamer, anda bisa menggunakan stik ps3 anda di android dan tentunya dengan tambahan aplikasi android tertentu
  3. Bahkan, kamera DSLR bisa tampak di smartphone kita. Tapi ini biasanya menggunakan bantuan bantuan pihak ketiga dan mungkin caranya ribet
  4. Ada lagi yang menggunakan modem di tablet android mereka
  5. Sebenarnya banyak lagi kegunaanya yang tidak saya ketahui

Daripada dibilang bohong, nih lihat screenshot dan video yang saya dapat :


Kegunaannya memang sangat banyak, tapi biasanya smartphone yang memiliki fitur ini adalah smarphone dengan spek medium - high. Untuk fitur USB OTG pada android low mungkin susah untuk di jumpai.

Beberapa contoh smartphone yang bisa memakai fitur USB OTG adalah Xiaomi ( Hampir semua produk Smartphone Xiaomi bisa menggunakan USB OTG ), Asus (Zenfone 4,5,2 ,dll), Samsung (S3,S4,S5,S6), dan lain lain. Untuk mengetahui smartphone anda support atau tidak, liat di spesifikasi android anda saja. Atau bisa menggunakan aplikasi android (nanti saya coba post).Harga Cable USB OTG nya ini sangat murah. Sekita 50 ribu rupiah masih dapat, tapi tidak tau brandnya terkenal atau tidak.

Bagaimana, menarik bukan ? Sekarang anda sudah lebih enak dalam menggunakan smartphone, contoh kerjain tugas dismartphone anda dan ngetiknya pakai keyboard. Semoga bermanfaat ya untuk pembaca sekalian.

0 Response to "Kegunaan USB OTG Dalam Android"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan sopan. Terimakasih atas perhatiannya.