Persiapan Sebelum Melakukan Install Ulang Windows

Bermain game, download anime, download software, buka file sana sini, install antivirus, dan banyak hal yang kita lakukan dalam pc kita. Tapi bagaimana jika pc kita mengalami kerusakan ? Banyak hal yang pasti kita lakukan, tapi umumnya kalau bermasalah seperti ngelag, virus dan lain lain, orang Indonesia sering kali mengatasi hal tersebut dengan melakukan install ulang komputer. Tidak apa apa sih melakukan install ulang jikalau masalahnya benar benar menganggu.

Nah, kalau emang niat mau install ulang boleh boleh saja tapi jangan keseringan dan kebutuhan. Rusak dikit install ulang padahal masalahnya spele. Sering kali orang orang menganggap install ulang itu sangat susah. Orang pikir kita seperti hacker padahal yang kita lakukan hanyalah tekan next, next, dan persiapan saja.

Ini yang paling penting, anda harus persiapkan beberapa hal berikut sebelum melakukan instal ulang. Ini wajib bagi yang komputernya hanyalah 1. Tapi untuk yang punya PC cadangan bisa dilakukan di komputer yang lain.

1. Kesiapan Diri
Pastikan anda siap menerima resiko jika adanya kesalahan dalam instalisasi.

2. Mempersiapkan CD / USB Instalisasi Windows
Ini sangat penting dilakukan. Siapkan sebelum melakukan install ulang. Bingung dari mana CD / USB Instalisasi darimana ? Untuk CD kita bisa beli kok. CD Untuk Install Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan lain lain. Tidak bisa free kah ? Mau yang gratis bisa dan gampang. Anda hanya perlu download file .iso windowsnya lalu menggunakan software atau pihak ketiga untuk mengextrak iso file nya ke USB (Flashdisk) / CD nantinya dan membuatnya bisa bootable (bisa booting melalui cd atau flashdisk).

3. Software
Yah ini juga sangat penting apalagi untuk yang punya 1 PC. Anda sudah harus siapkan dan download download software penting untuk windows. Contoh : Net Framework, DirectX, Mozilla, Adobe Reader, Flash Player, Pemutar Video, dan lain lain.

4. Driver PC
Driver PC sangat penting sekali. Contoh setelah install ulang, kok resolusi pc kita jadi mengecil ? Karna dulu ada pilihan 1368 x blabla, kok sekarang jadi 1024 x blabla saja ? Nah ini dikarenakan kita tidak instsal Driver VGA nya. Anda bisa dapat download driver vga secara gratis di website resmi brand laptop kalian. Jika mau lebih gampang pakai Driver Pack saja.

5. Siapkan Backup
Kalau kita menginstall ulang cuman untuk mersakan Windows lain, kita sebaiknya melakukan backup agar kalau kita bosan kita bisa kembalikan Windows seperti semula sebelum melakukan backup.

6. Hardware
Saya buat terakhir karena tidak terlalu penting sih. Karna hardware ini meliputi apa yang kita gunakan untuk melakukan instal ulang. Misal kita pakai Flashdisk, brarti harus ada Port USB. Kalau kita pake CD, kita harus ada CD Rom atau bisa pakai yang versi external.

Saya rasa hal hal diatas sudah mencakupi seluruh persiapan sebelum instal ulang windows. Nantinya saya akan coba buat hal yang dilakukan setelah install ulang, cara backup pc, cara buat instalisasi menggunakan flashdisk, dan lain lain. Jadi tunggu saja tutorial selanjutnya. Jika bermanfaat dan ingin menambahkan silahkan dikomentar ya.

0 Response to "Persiapan Sebelum Melakukan Install Ulang Windows"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan sopan. Terimakasih atas perhatiannya.